Monday 9 May 2016

15 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

15 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint Bicara masalah presentasi, Presentasi sendiri adalah kegiatan dimana kita berbicara didepan orang banyak yag bertujuan untuk meyampaikan informasi yang di butuhkan oleh audiens tersebut. Pada era sekarang seakan presentasi wajib di lakuan untuk menggutarakan sesuatu informasi yang  biasanya banyak dilakukan di perkuliahan, sekilah, kantor, perusahaan dll.

Semakin berkembangnya zaman kini presentasi dapat dilakukan dengan Software pendukung presentasi tersebut. Kebanyakan orang indonesia sudah berpaku atau bermanside software presentasi hanyalah powerpoint,

Software garapan microsoft tersebut sudah muncul sejak saya duduk di bangku sekolah dasar. Software yang selalu di gunakan untuk melakukan presentasi dari dulu sampai sekarang. Padahal terdapat beberapa software penganti powerpoint yang pastinya lebih keren dan simple, sebenarnya software
presentasi yang baik adalah yang bisa mengimpor berbagai media seberti vidio, gambar, teks dan juga animasi.

Nah untuk itu  kali ini saya akan membahas software-software penganti powerpoint yang wajib sobat coba, oke langsung saja kita mulai satu persatu.

1. Prezi

 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint


Merupakan software kanvas virtual yang sering disebut board dalam dunia nyata. Dengan aplikasi ini
presentasi sobat tidak disajikan secara linear, tetapi bebas dioperasikan dengan cara apapun. Hasil presentasipun ibarat kanvas raksasa yang bebas di zoom di dibagaian manapun.

Tidak hanya itu aplikasi ini juga juga dapat digunkan untuk menambah elemen presentasi berupa gambar, vidio dan dapat menambahakan nafigasi 2D dan 3D. Fasilitas ZOOM yang dapat memudahkan kita dalam melihat materi presentasi agar tampak lebih jelas  dan sistem navigasi yang mudah untuk pegendalian materi saat presentasi berlangsung.
Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

Kehebatan lainnya adalah prezi dapat dibuka di web browser sobat, komputer, iPad, iPhone dan gatged Android sobat. Tidak hanya itu Prezi juga dapat meng-impor berbagai media file seperti pdf, ppt, jpg, mp4 dan format file lainnya. Berikut adalah System requirements nya.


2. Keynote

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

Keynote adalah aplikasi buatan Apple yang akan menjadi tandigan resmi buat Microsoft Powerpoint, Fatkanya memang Keytone jauh lebih baik dari pada Powerpoint. Aplikasi ini unggul di bagian tansisi dan animasi yang jauh lebih halus dan mempunyai banyka template menarik.

Keytone sendiri dirilis dengan 2 versi,  versi yang pertama support unutk sistem operasi mac os, sedangkan versi yang kedua sudah support dengan iOS. Kalian akan disuguhi alat-alat yang dapat menjadikan presentasi kalian lebih hidup dan manarik, trasisi tiap gambarnya yang hampir meyerupai slide-slide di bioskop, fitur lain dari Keynote adalah :
  • Fitur tema yang memungkinkan pengguna untuk menjaga konsistensi dalam warna dan font seluruh presentasi, termasuk grafik, grafik dan tabel.
  • Dual monitor support dimana pengguna dapat menunjukkan presentasi di layar, namun ia masih melihat desktop atau catatan lain dari layar perangkatnya sendiri.
  • Mendukung semua format video QuickTime (termasuk MPEG-2 dan DV) dalam slideshow.
  • Kompatibilitas dengan Apple Remote dan aplikasi Keynote remote untuk iPhone dan iPod touch.
  • Transisi slide 3D OpenGL untuk membangun gulir kubus guna membalik halaman sehingga terkesan unik.

3. Impress

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

Ok yang ketiga ialah Impress, suatu paket aplikasi dari libreOffice yang mampu menampilkan presentasi yang sagat efiktif karena, impress mampu menciptakan editing yang fleksibel dan modus editing yang berbeda. Modus editing tersebut terdiri dari normal, garis besar, notes, handout, sorter slide.

Impress juga dapat menambahkan efek-efek slide show yang menarik sehingga dapat menghidupkan presentadi sobat, untuk jenis huruf dan teksnya sobat bisa memilihnya sesuai keinginan kalian karena sofware ini menyediakan beragam jenis huruf yang menarik.

4. Beamer (LaTex)

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

DOWNLOAD
Beamer ini software presentasi satu-satunya yang dapat berjalan baik di OS Linux dan Windows. Sofware ini merupakan latex dokument yang berguna  untuk membuat slide presentasi, namun secara keseluruhan perintah-perintahnya menggunakan syntac coding, seperti di virtual basic.

Kebanyakan dari kalian pasti akan merasa ane ketikan pertama kali menggunakan sofware ini karena sofware ini menyajikan presentasi dalam bentuk halaman, bukan dalam bentuk slide seperti kebanyakan sofware presentasi lainnya.

5. GoAnimate

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

DOWNLOAD
Dengan menggunakan aplikasi GoAnimate sobat bisa membuat presentasi sekreatif mungkin dengan menggunakan berbagai karakter, latar belakang, musik dan alur crita yang berbeda. GoAnimate bahkan memiliki fitur voice recording untuk memberikan narasi atau dialog pada presentasi yang dibuat.

Kelebihan lain yang dimiiliki oleh softwate ini adalah proses pembuatannya yang mudah, dan tidak membutuhkan budget yang besar. Sayangnya, GoAnimate memiliki kekurangan  yang hanya bisa menghasilkan presentasi berupa vidio, sehingga membuatnya kurang fleksibel.

6. SlideRocket

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

DOWNLOAD
Aplikasi selanjutnya selain powerpoint berikutnya adalah SlideRocket Aplikasi ini merupakan aplikasi premium yang dikemas dengan berbagai fitur di dalamnya. Kemampuan tambahan dari SlideRocket adalah seperti kontrol pada versi, kontrol privasi, serta kompatibel dengan HTML5. Selain itu yang unik dari aplikasi ini adalah sobat  dapat melacak siapa yang melihat slideshow, di mana mereka melihat dengan menggunakan metrik.

7. Zoho Show

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

DOWNLOAD
Zoho Show adalah aplikasi presentasi yang berbasis cloud yang mampu mengimpor banyak file pendukung seperti (ppt, Pptx, Pps, Ppsx, Sxi)   serta mempertahankan tampilan dokumen asli ketika dilihat secara online, tidak hanya itu antarmuka ZOho yang  bersih dan sederhana dan mudah dioprasikan.

Zoho show juga cocok untuk membuat presentasi berbau bisnis, karena zoho show menyediakan diagram alur kustom diagram, lengkap dengan dinamis dan konektor. Software ini juga didukung oleh Picasa dan flickr dan menambahkan efek atau touch-up dengan menggunakan image editor. Zoho show juga memungkinkan perubahan gaya universal dalam sekejap melalui fitur master slide yang menggulung keluar perubahan ke setiap slide tungal sesudahnya.


8. ... ?

9 - 15 ... ? 

 
Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint

 Berikut tampilan presentasi dari salah satu Software di atas..


 Oke kawan itulah 15 eh baru 7 :)  aplikasi pengganti powerpoint yang wajib sobat coba pokoknya.. apa sobat gak bosen dengan tampilan Microsoft powerpoint yang gitu-gitu aja. Makannya coba aplikasi-aplikasi diatas dan ciptakan suasana baru dalam presentasimu. Selamat mencoba dan selamat berkreasi  :)
Artikel ini sudah di update pada tanggal 19/04/2017

Share this

14 Responses to "15 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint"

  1. Wah ternyata banyak yah, nmjn mungkin kurang familiar jadi jarang digunain aplikasinya.

    ReplyDelete
  2. keren. yang desainnya paling keren yg mana nih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane sih lebih milih prezigan sumpah keren bgt.. :)

      Delete
  3. Gan ane mau tanya. Aplikasi presentasi tapi yang diputar lewat gomplayer itu apa namanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. GoAnimate gan itu software hasil presentasinya berupa vidio silakan agan coba..

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. gan, downlod aplikasinya dimana ya?

    ReplyDelete
  6. Untuk saat ini googleing dulu ya gan banyak kok di google :D maaf kami saat ini belum bisa meyediakan, insyaallah kedepannya mau tak update artikelnya :)

    ReplyDelete
  7. cara daftar akun prezi tuh gmn ya? kok susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan saya jlaskan di artikel selanjutnya mas..

      Delete
  8. Makasih banyak Gan, Sharenya ngebantu saya banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2, sory saya lagi aktif ngebolg lagi

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. prezi udah ga gratis lagi ya

    ReplyDelete

* Mohon Berkomentar Dengan Bijak
* Tidak Diperbolehkan menaruh Link Disini, Karena Saya Anggap Spam
* Mari Jalin Kebersamaan Dengan Meninggalkan Komentar
* Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Ini