Sunday 26 June 2016

Sejarah Unik Tentang Asal Usul Keyboard QWERTY

Sejarah Unik Tentang Asal Usul Keyboard QWERTY Sob, jika kalian pernah bertanya mengapa to susunan huruf dalam keyboard komputer dan ponsel-ponsel pintar berupa QWERTY dan tidak dibuat berurutan seperti ABCDEF, kan lebih mudah mungkin seperti itu pemikiran sobat, maka pada kesempatan kalia ini saya akan membantu menjawabnya, sebelumnya menjawab kenapa keyboard tersusun secara QWERTY lebih baik kita bahas dulu pengertian keyboard.

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.

Keyboard diciptakan tahun 1860 an oleh Sholes dan Dunsmore. Awalnya, keyboard juga dibuat secara berurutan sesuai abjad. Namaun, seiring dengan meningkatnya kemampunan pengguna, kecepatan mngetik mejadi lebih cepat padahal mekanisme mesin saat itu masih sangat sederhana. Akibatnya, tombol-tombol tertentu menjadi sering macet dan menghambat pekerjaan.

Sejarah Unik Tentang Asal Usul Keyboard QWERTY

Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya di susunlah keyboard yang sengaja dipersulit dan tidak efisien agar tidak mudah jam (macet). Setelah itu, masalah tombol keyboard yang serin macet sudah teratasidenga desain keyboard mekanik yang lebih baik. Akibatnya, sejumlah desain keyboard alternatif muncu di pasaran.

Salah satunya adalah DVORAK Simplified Keyboard (DSK) yang di buat oleh August Dvorak tahun 1936. Desain itu diklaim merupakan desain yang lebih efisien dan cepat .Tetapi mungkin karena terlambat DVORAK harus tunduk pada QWERTY yang sudah digunakan oleh Organisasi-organisasi dunia saat itu yang tidak mau repot jika harus mengganti ke susunan DVORAK.

Susunan keyboard lainnya adalah QWERTY yang dipakai di negara-negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. Dan AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia. Keduanya merupakan perkembagan dari QWERTY, untuk nama QWERTY sendiri diambil dari susunan huruf pertama dari keyboard itu sendiri.
Sejarah Unik Tentang Asal Usul Keyboard QWERTY



QWERTY sebenarnya punya banyak kelemahan seperti membuat tangan kiri dan kelingking kita menjadi overload terutama ketika menulis dalam bahassa inggris (hal serupa juga dirasakan ketika menulis dalam bahasa Indonesia). Penelitian menunjukan  bahwa distribusi huruf tidak merata sehingga jari kita harus menyebrang dari baris ke baris.
Dengan QWERTY, bila dihitung jari tukang ketik akan berjalan lebih dari 20 mil per hari dibandingkan dengan DVORAK yang hanya 1 mil. Untuk lebih jelasnya silakan sobat simak vidio di bawah ini



Dan sayangnya, orang terlanjur ogah berpaling dari desain QWERTY. Bahkan QWERTY malah dinobatkan menjadi keyboard standar internasional di tahun 1966, dan apa  boleh buat kita juga hanya ngikut kebiasaan orang-orang unutk menggunakan keyboard QWERTY.

Share this

6 Responses to "Sejarah Unik Tentang Asal Usul Keyboard QWERTY"

  1. PERTAMAXX XD
    kalo ga salah Mesin Tik juga pake QWERTY :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, papan ketik juga pakai QWERTY

      Delete
  2. oh jadi begitu ya sejarahnya. saya malah baru tau :D

    ReplyDelete
  3. nice info gan, tapi saya mau tanya kenapa ada tanda kayak garis di huruf f dan j qwerty

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk membantu meningkatkan kemampuan dari touch typing ( mengetik tanpa melihat tombol di keyboard)

      Delete
  4. Nice and brilliant one thanks for sharing with us.http://www.driverhoster.net/2016/11/hp-laserjet-p1006-printer-driver-free.html

    ReplyDelete

* Mohon Berkomentar Dengan Bijak
* Tidak Diperbolehkan menaruh Link Disini, Karena Saya Anggap Spam
* Mari Jalin Kebersamaan Dengan Meninggalkan Komentar
* Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Ini