Friday 19 February 2016

Dampak Buruk Bermain CoC Dan Cara Mengatasinya

Dampak Buruk Bermain CoC Dan Cara Mengatasinya


COC alias Clash of Clans merupakan salah satu game strategi paling banyak dimainkan di tahun 2015 sampai sekarang, sampai - sampai game ini memperokleh rating five star yang fantastis. Game strategi yang di mainkan online secara realtime ini begitu  banyak di mainkan oleh anak - anak ataupun remaja bahkan orang tua beberapa bulan ini.Namun siapa sangka game yang banyak di gandrungi banyak oarang ternyata menyimpan banyak crita di dalamnya.

Korban Berjatuhan

  1. Seorang ibu asal palembang ibu sangat terkejut saat anaknya yang masih duduk di bangku SD tiba -  tiba meminta agar di buatkan kartu kredit. Armah (32) semakin terkejut ketika mendengar alasan anaknya meminta kartu kredit tersebut. Sang anak bilang ingin menggunakan kartu kreditnya untuk membeli senjata dan menyerang kelompok lain, jika tidak maka ia akan di serang kelompok lain. Setelah di tannyai secara mendalam ternyata anaknya sedang mengandrungi game online Android bernama Clash of Clans (COC).

  2. Seorang ibu rumah tangga juga melontar kekesalannya, "Bener banget tuh, suami saya kalau pas libur dari pagi sampai malem kerjaannya pegang tab terus, kalo di mintai tolong jawabnya " Bentar sayang nanggung nih lagi nyerang" bikin kesel dan jenkel sama game itu (COC).

Mempunyai Dampak Negatif Yang Serius

Hidup Tidak Bisa Tenang, percaya atau tidak, orang yang sudah terlanjur kecandung dengan game ini
pasti tidak akan mudah lepas dengan gadgetnya. Orang yang sudah kecanduan akan terus penasaran dengan base yang mereka miliki, apalagi jika base tersebut tidak memiliki shiled, memiliki loot banyak dan semua builder sedang bekerja semua. Mungkin orang tersebut berfikir seperti ini "apakah COC guwe gue di serang?" , "di rampok banyak gak ya" , "builder masih lama banget selesainya"
, dan masih banyak lagi.

Bergantung Dengan Listrik, orang yang kecanduan bermain coc biasanya ia tidak bisa jauh jauh dari sumber listrik. karena smartphone yang di gunakan untuk bermain Clash of Clans terus menerus secara otomatis baterai smartphone juga akan cepat habis. Pecaya atau tidak para pemain coc yang sudah kecanduan rata - rata memiliki powerbank yang berkapasitas besar untuk melakukan cargering. Bahkan ada juga yang rela membeli gatged lagi hanya untuk memudahkan bermain CoC.

Boros, di dalam game Clash of Clans, semakin besar base yang kita miliki dan semakin tinggi Tohn Hall-nya, maka pengguna akan semakin lama menunggu pembangunan selesai, Selain waktu tunggu yang lama, jumlah resource (elixir, gold, dark elixir) yang di butuhkan tidaklah sedit.

Anti sosial, masalah yang cukup serius yang perlu di perhatikan. Dengan bermain CoC secara terus menerus membuat banyak pemain tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Sama seperti yang telah saya uraikan di atas orang yang kecanduan Clash of Clans tidak akan bisa lepas dari gatgednya dan akan membuaka Clash of Clans-nya secara terus menerus. Contohnya saat sedang reoni, si pecandu CoC akan lebih fokus ke Coc nya dari pada berbicara dengan teman sebelahnya.

Penyakitan, Dampak buruk terakhir yang bisa kalian terima saat sudah candu CoC adalah memilik berbagi macam penyakit, salah satunya insomnia. Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur dalam waktu yang lama. karena pecandu Coc bermain terusan - terusan hingga lewat jam tidurnya. penyakit Insomnia menyebabkan pengidapnya memiliki kondisi tubuh yang kurang fit. Tidak hanya insomnia penyakit - penyakit lain seperti ganguan penglihtan, kelainan postur tubuh dan masih banyak lagi.

Penutup…

Itulah dampak buruk bermain game online Clash of Clans. Tentu bukan hanya CoC yang bisa mempengaruhi hubungan suami istri dan anak - anak, banyak aplikasi lain di Hp pintar  kita yang bisa melalaikan tugas dan amanah kita. Bersikaplah bijak terhadap fasilitas yang kita miliki bukan malah di perbudak dengan hp cerdas yang kita miliki.

Segera cek kembali isi gadget pasangan kita atau anak - anak kita, masih adakah aplikasi / game yang ingin merusak keceriaan dan kebahagiaan dengan orang - orang yang kita sayangi ? kalau masih ada Uninstal pilihan terbaiknya. :)
Sekian...

Share this

14 Responses to "Dampak Buruk Bermain CoC Dan Cara Mengatasinya"

  1. Kalo temen gua malah smpe ngecash bnyk bgt, padahalkan itu cuma game

    ReplyDelete
  2. menurutku sih tidak hanya game coc saya tapi game lainnya juga berdampak buruk.oleh karena itu kalau main game lebih baik dibatasi agar tidak ketagihan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane setuju bukan hanya coc game yang banyak menghabiskan waktu kita jadi sia-sia perlu di batasi.!

      Delete
  3. Gue stuju ama lo gan.COC sekarang udah menggila banget.Ada temen gue yang sampe gak sekolah karena mau Fokus ngegame.Ironis banget :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu udah kelewatan gan mau "focus ngegame"

      Delete
  4. yang pasti jadi autis gan hehe

    ReplyDelete
  5. bener banget ,, pernah denger juga katanya ada yang ampe ngeluarin jutaan rupiah buat game itu

    ReplyDelete
  6. Makanya mainnya jangan terlalu over sampai lupa waktu, atau sampe addict gitu lah~

    ReplyDelete
  7. Oh ternyata bermain COC itu ada dampak buruknya juga yah gan, thx deh infonya.

    ReplyDelete
  8. ane pecandu game coc gan, tapi gx sampai over kaya yg di artikel
    dan ane skrg udh vakum main coc, udh hampir sebulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sedikit demi sedikit di kurangi.. ane dulu juga member COC jadi berhenti karna jadi boros kuota...

      Delete
  9. Awalnya gw gamer ini game, tapi gara gara gagal push, plus liat artikel ini, jadi pngen vakum.... :v

    ReplyDelete

* Mohon Berkomentar Dengan Bijak
* Tidak Diperbolehkan menaruh Link Disini, Karena Saya Anggap Spam
* Mari Jalin Kebersamaan Dengan Meninggalkan Komentar
* Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Ini