Thursday 7 April 2016

10 Layanan ISP Beserta Pengertiannya


 10 Layanan ISP Beserta Pengertiannya | atau internet service profaider adalah sebuah perusahaan penyedia layanan pada jasa sambungan internet dengan jasa  lainnya yang saling berhubungan. ISP ini memiliki infrastruktur sebagai sarana telekomunikasi yang terkoneksi pada internet.

ISP sendiri memiliki beberapa layanan-layanan untuk penggunanya, Internet saat ini sudah tidak familiar lagi dikalangan masyarakat. Hampir semua orang menggunakan layanan ini untuk mengakses segala keperluan dan kebutuhan. Agar kita bisa mengakses internet, dibutuhkan jasa layanan ini  Berikut saya telah merangkumnya menjadi 10 layanan yang di berikan ISP kepada pengunanya
10 Layanan ISP Beserta Pengertiannya

1. DNS-Domain Name System

Adalah sebuah layanan jaringan yang menerjemahkan atau mengkonfersikan nama domain dari situs internet menjasi ip address dan sebaliknya.

2. HTTP-Hyper Text Transfer Protokol

Sebuah protokol jarigan yang lapisannya terdapat pada aplikasi yang digunakan untuk sistem terdistribusi, kolaboratif dan menggunkan berbagai media.

3. IMAP-Internet Message Akses Protokol

Adalah protokol standart yang digunakan untuk mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, dan bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.

4. POP3-Pos Office Protokol Versi 3

Suatu Protokol yang digunakan untuk mengambil email dari server email kedalam device atau client email yang kita miliki atau bisa diibaratkan seperti bis surat, dan digunakan di dalam email client yang kita miliki untuk mengambil dan membaca email atau surat elektronik yang masuk.

5. FTP-File Transfer Protokol

Sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file atau data melalui media jaringan antara client dan server atau bisa di sebut melakukan Upload dan Download. FTP berjalan pada port 21 dan bekerja pada protokol TCP/IP

6. TFTP-Trivial File Transfer Protokol

Protokol yang berfungsi untuk melakukan booting komputer, seperti halnya router jaringan komputer yang tidak memiliki perangkat peyimpanan data.

7. DHCP-Dinamik Host Configuration Protokol

Suatau protokol yang berbasis aksitektur clinet server yang digunakan untuk mempermudah pengngalokasian alamat ip dalam suatu jarigan komputer.

8. SMTP-Simple Mail Transfer Protokol

Suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan email antara server yang bisa di analogikan sebagai kontor pos. Protokol ini muncul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara, sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.


9. BOOTP-Bootstap Protokol

Protocol yang dapat membuat sebuah mesin tanpa disk/diskless dapat mengetahui IP addressnya sendiri, addres dari host server, dan nama file untuk diisikan pada memori dan dieksesusi. operasi bootstrap bias dibilang memiliki 2 fase yaitu fase ‘penentuan alamat dan seleksi bootfile’ dan fase transfer file. File transfer secara garis besar menggunakan protocol TFTP, karena protocol ini ingin kedua fase tersebut ada pada PROM client. Namun BOOTP juga dapat bekerja dengan protocol lain seperti SFTP atau FTP.

10. UPD-User Datagram Protokol

Salah Satu Protokol yang berada pada lapisan TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal, tanpa koneksi antara host dalam jaringan yang menggunkan protokol TCP/IP.


Nah itulah 10 layanan-layanan ISP yang di berikan kepada para penggunanya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang mencari hal tersebut, sekian.

Share this

Comments
0 Comments

0 Comment to "10 Layanan ISP Beserta Pengertiannya"

Post a Comment

* Mohon Berkomentar Dengan Bijak
* Tidak Diperbolehkan menaruh Link Disini, Karena Saya Anggap Spam
* Mari Jalin Kebersamaan Dengan Meninggalkan Komentar
* Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Ini