Thursday 7 April 2016

Macam-Macam Direktori Linux Menurut Standar FHS


Macam-Macam Direktori Linux Menurut Standar FHSSiapa yang tidak mengenal linux,  linuk sendiri adalah Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

 Linux lebih dekenal sebagai sistem operasi yang tangguh dalam hal administrasi jarigan dan tidak mudah di retas oleh hacker di tambah lagi Linx mempunyai lisensi GNU (Gnu Not Unix) dengan lisensi ini kita dapat mengembangkan atau merubah source code yang ada di dalamnya. Di dalam linux terdapat beberapa derektori, disini saya akan menjelaskan bebarapa definisi direktori menurut standar FHS (Filesystem Hierarchy Standard).
Macam-Macam Direktori Linux Menurut Standart FHS

1. / (Root)

Direktori yang menduduki di dalam puncak hirarki, direktori ini dilambangkan dengan tanda / .Direktori ini juga membawahi direktori lainnya.

2. /bin 

Direktori yang berisi perintah-perintah dasar yang di butuhkan oleh system ataupun user. Program-program disini dapat dijalankan, meskipun tidak ada sistem file lain yang di mount dan Direktori ini tidak memiliki subdirektori.

3. /boot 

Merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dan file-file yang berhubungan dengan proses booting, memuat Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.

4. /dev 

Direktori yang berfungsi untuk menyimpan file konfigurasi device atau hardware seperti contoh Hardisk dan terminal.

5. /etc

Ditrektori yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan skrip instalasi atau konfigurasi dari sebuah aplikasi yang kita instal ke dalam sistem linux.

6. /home 

Sebuah direktori yang di gunakan sebagai tempat untuk menyimpan data-data user, seperti ketika kita membuat usre baru maka secara otomatis sistem akan membuatkan direktori user baru tersebuat kedalam direktori /home

7. /lib

Direktori yang berisi file-file penting yang dibutuhkan oleh file binari dalam di rektori /bin dan /sbin.Sedangkan kumpulan file pnenting yang dibutuhkan oleh binari dalam folder /usr/bin terletak pada /usr/lib.


8. /media 

Directory /media berisi subdirectory yang mewakili sebuah perangkat removable yang dimasukkan ke komputer. Sebagai contoh saat kita memasang flashdisk ke komputer maka kita dapat menemukan direktori dari flasdisk tersebut di direktori /media

9. /mnt (Mount Point)

Drirektori yang di gunakan untuk tempak mengnge-mount file system untuk di gunakan secara sementara.

10. /Opt (Optional Packages)

Sebuah direktori yang berisi paket aplikasi  yang dapat kita install kedalam sistem linux, contoh aplikasinya seperti DNS server, SSH Serever, Ftp Server dll.

11. /proc

Merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan informasi proses sistem dan kernel dari sistem operasi, mancakup informasi mengenai berbagai aspek linux.

12. /root

Direktori ini ibarat homenya user root. Bukan terletak di /home/root, tetapi mempunyai folder sendiri, yaitu di /root. direkroti ini beda dengan /, yang merupakan sistem direktori utama.


13. /sbin

Direktori yang berisi program-program biner yang dibutuhkan untuk menjalankan dan memperbaiki system. Biasanya aplikasi yang ada hanya bisa di jalankan oleh administrator atau user root.

14. /tmp

Direktori yang digunakan untuk meyimpan file temporari, yaitu file yang sementara masih dibutuhkan oleh sebuah aplikasi yang sedang berjalan.


15. /usr 

Direktori yang berisi program-program yang bisa di akses oleh user biasa, sebagai lawan aplikasi dan file yang digunakana
oleh system. Program source code didalam direktori ini dalam subdirektori /usr/bin

16. /var

Direktori yang digunakan untuk menyimpan informasi proses sepertisystem history, access logs dan error logs.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan menggenai Macam-Macam Direktori Linux Menurut Standar FHS  semoga membantu teman-teman yang sedang mencari info tentang Macam-Macam Direktori Linux   dan semoga bermanfaat untuk semua.

Share this

Comments
0 Comments

0 Comment to "Macam-Macam Direktori Linux Menurut Standar FHS"

Post a Comment

* Mohon Berkomentar Dengan Bijak
* Tidak Diperbolehkan menaruh Link Disini, Karena Saya Anggap Spam
* Mari Jalin Kebersamaan Dengan Meninggalkan Komentar
* Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Ini